Install GIMP - Ubah Theme - Ubah Shortcut

Diklat Dalam Jaringan GIMP yang diselenggarakan oleh Matematika Nusantara dan dimentori oleh Pak Feri (Pendiri Grup Telegram Indonesia Digital Teacher - IDT) diikuti oleh ratusan peserta yang kebanyakan berprofesi sebagai guru Matematika dan juga yang berprofesi selain guru. Para peserta luarbiasa antusias dalam mengikuti diklat ini. Perangkat lunak GIMP yang free alias gratis namun kemampuannya tidak kalah dengan perangkat lunak sejenis seperti Adobe Photoshop, praktis membuat para peserta penasaran dan selalu mencoba meng-oprek GIMP walaupun saat itu diklat GIMP belum dimulai!!!

Di sini, saya akan mencoba membagi pengalaman saya dalam mengikuti diklat ini. Mulai dari menginstall GIMP, mengubah tema (theme) menjadi mirip Photoshop, dan mengubah shortcut di GIMP agar mirip dengan shortcut yang ada di Photoshop.

Bahan:
1. Perangkat Lunak GIMP (gimp-2.8.22-setup.exe)
2. Tema Photoshop for GIMP  (PsIcons.zip)
3. File shortcut (menurc)
4. Plugins G'MIC for GIMP (64 bit)  (32 bit)

NB: Bagi yang kesulitan untuk mengubah shortcut (mengcopy file menurc), maka bisa simak postingan saya di sini. (http://www.benyhakim.tk/2017/11/gimp-mengubah-shortcut.html)

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini.





Semoga berguna.
First

15 komentar

mantap.... yg kelewat kmrn munculin icon di desktop

Mantabbs... akhirnya berhasil jg setelah berputus asa gak berhasil2...he..he..
Trims ilmunya pak Ben..

Ups, maaf ternyata saya pakai akun anak (ttd Sugiati Tabrang)

Bisa Didelete sih, tapi biarin aja ya pak? Boleh kan?

Amat sangat terbantu oleh pak Ben

Sangat informative dan membantu. Mohon diteruskan, Pak. Supaya nantinya bisa kembali ke sini bila ada yang terlewat di Diklat.

Sangat-sangat membantu... Trimakasih Pak Benben atas ilmunya