Cara Pindahkan File Kiriman Whatsapp ke suatu Folder di Android

Cara Pindahkan File Kiriman Whatsapp ke suatu Folder di Android


Hallo Benben-ers semua, apa kabar? Semoga sehat selalu. Kali ini Benben78 akan membuatkan tutorial singkat mengenai bagaimana cara memindahkan file kiriman Whatsapp ke suatu folder di Android.


Whatsapp merupakan aplikasi pengiriman pesan (messenger) yang sangat populer di Indonesia. Berjuta-juta pemakai karena kemudahannya, aplikasi ini digunakan tidak hanya untuk mengirimakan pesan berbentuk teks, gambar, maupun video, tetapi juga dipakai untuk mengirimkan file dokumen, misalnya berbentuk pdf, ataupun berbentuk doc.

Biasanya setelah menerima kiriman dokumen, maka dokumen tersebut wajib "diamankan" karena jika kita melakukan clear chat, maka pesan dan dokumen juga akan lenyap terhapus oleh whatsapp.

Biasanya, cara mengamankan file whatsapp adalah dengan menggunakan file browser bawaan dari Android, masuk ke folder WhatsApp/Media/WhatsAppDocuments yang ada di storage di Android kita. Cari file yang diinginkan, lalu copy ke folder lain di Android kita. Cukup melelahkan.

Kali ini, Benben78 akan menunjukkan cara yang jauh lebih mudah. Sangat singkat dan cepat. Dengan menggunakan cara ini, "mengamankan" file kiriman dari Whatsapp akan menjadi sangat mudah. Mau tau caranya? Simak tutorial berikut ini.


Dalam tutorial ini, sekali lagi kita membutuhkan aplikasi Total Commander yang dapat didownload dari Playstore secara gratis di sini.


Berikut ini cara memindahkan file kiriman ke folder Penampungan.

1. Buka aplikasi whatsapp, tekan agak lama ke file yang hendak diamankan, maka akan muncul icon sharing di sebelah atas (kotak merah pada gambar). Klik icon sharing tersebut.




 2. Pilih Total Commander



 3. Pilih lokasi yang diinginkan.



Jika ingin membuat folder baru, maka bisa klik pojok kiri atas (kotak merah).




4. Klik OK, maka file hasil kiriman dari whatsapp akan tersimpan ke folder tersebut.



Mudah sekali bukan? Total Commander memang aplikasi yang sangat praktis.

Semoga tutorial ini berguna bagi benben-ers semua. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.











1 komentar: