Cara menyembunyikan formula di suatu cell di EXCEL 2016.

Microsoft Excel, siapa yang tidak kenal program yang satu ini. Sangat berguna untuk misal membuat data dalam bentuk tabel, dan sebagainya. Salah satunya yang sering digunakan oleh guru misalnya membuat aplikasi penilaian sederhana untuk siswa. Mengenai pelatihan ini, Benben-ers dapat mencoba bergabung di group Sagutape (https://t.me/sagutape_igi). Sekilas info, group ini mempunyai deskripsi sebagai berikut: Sagutape singkatan dari SAtu GUru Tiga APlikasi dalam satu Excel merupakan salah satu kanal IGI yang tujuannya membuat aplikasi penilaian terdiri dari soal, hasil/nilai sekaligus analisisnya.

Salah satu permasalahan yang timbul adalah, bagaimana cara menyembunyikan formula suatu cell yang kita buat, agar tidak dapat "diintip" oleh siswa. Sebab beberapa formula ternyata mengandung "kunci jawaban" dari soal-soal yang kita buat. (Hehehehe).

Nah, Benben78 kali ini akan memberikan tutorial bagaimana cara menyembunyikan formula suatu cell di Microsoft Excel agar formula (rumus) tidak tampak saat kita mengklik ke cell tersebut.

Mari simak caranya di bawah ini.
Perhatikan Contoh berikut.

1. Cell E3 mempunyai rumus = C3 + D3 tampak saat kita menyoroti cell tersebut.




2. Klik kanan pada cell yang ingin disembunyikan formulanya, lalu pilih format cell.




3. Klik menu "Protection", lalu aktifkan pilihan "Hidden" (diklik hingga tercentang), lalu klik OK.



4. Jika masih ada cell lain yang ingin disembunyikan formulanya, ulangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk cell lainnya. Setelah semua cell sudah diaktifkan "hidden"nya, maka klik menu review, lalu klik protect sheet.



5. Masukkan password (pilih yang susah ditebak, tapi jangan sampai lupa lhooo), lalu klik OK.


6. Masukkan password yang tadi itu, sekali lagi ke sini, lalu klik OK.

7. Yes!!!!!!.... Berhasil.....  Cell yang ada formulanya, sekarang sudah tidak tampak lagi.



Demikianlah tutorial kali ini. Semoga bisa berguna bagi Benben-ers semua... Salam oprek.
Sampai jumpa di tutorial lainnya.