Memperbaiki koneksi WIFI di Windows 10 yang lambat



Hallo semuanya.. di sini Benben akan menceritakan pengalaman yang Benben alami hari ini. Pagi ini, Benben mendapati laptop kesayangan Benben yang terinstall Windows 10 Education, sudah terupdate paling anyar, ternyata WIFI sangat lemot. Koneksi internet jadi sangat lambat, maksimum hanya mendapatkan koneksi 100++KB/s. Padahal biasanya Benben terkoneksi hingga 1.600++ KB/s.



Awalnya, Benben curiga koneksi internet dari Indihome yang lelet. Alhasil ketika Benben mencoba memindahkan file film seri "Salvation" dari HP Xiaomi Redmi 5+ ke laptop menggunakan Total Commander via WIFI, ternyata hanya mendapatkan kecepatan transfer 100++ KB/s. Alhasil sungguh lamban dan memakan waktu hingga total estimasi setengah jam!!!.

Browsing sana sini, akhirnya dapat sedikit ide. Mengubah setting di WIFI Adapter.
Begini yang Benben lakukan:
1. Buka Device Manager dengan cara klik search pada taskbar, lalu ketik device manager.

2. Di Device Manager, pilih  Networks Adapter, kemudian pilih Wireless Network Adapter yang Anda punya, dalam hal ini punya saya adalah Qualcomm Atheros AR9285 Wireless Network Adapter seperti yang tampak pada gambar.

3. Selanjutnya, pilih tab Advanced, lalu Wireless Mode Selection, lalu pilih 802.11b|g seperti pada gambar. Mungkin punya Anda sedikit berbeda, jika berbeda, cari opsi yang ada pilihan 20 Mhz, ubah ke 20 atau 40 MHz.



Setelah itu tinggal OK, lalu internet dan transfer WIFI Benben jadi wushhh wushh wuuushh lagi. Hehehe...


Semoga bisa berguna bagi kalian semua...

Salam ...